SINTAKS DASAR JAVA
Program Java dapat didefinisikan sebagai sebuah kumpulan objek-objek yang saling berkomunikasi dengan cara memanggil method-method yang dimiliki masing-masing objek.
Berikut ini penjelasan singkat mengenai kelas, objek, method, dan variabel instance.
- Objek-Objek memiliki state (keadaan) dan behavior (perilaku). Contoh: Seekor anjing memiliki keadaan warna, nama, jenis dan juga perilaku - menggonggong, makan, tidur. Sebuah objek adalah instance dari kelas.
- Kelas - Sebuah kelas dapat didefinisikan sebagai sebuah template/blue print yang mengdeskripsikan perilaku/keadaan yang didukung oleh objek merupakan tipe kelas tersebut.
- Method - Method pada dasarnya adalah sebuah perilaku. Sebuah kelas dapat memiliki banyak method. Penulisan logika, manipulasi data dan eksekusi dari aksi lainnya semuannya dilakukan di dalam method.
- Variabel Instance - Setiap objek memiliki variabel uniknya sendiri. Keadaan sebuah objek dibuat berdasarkan nilai-nilai yang dimasukkan dalam variabel instancenya.
1.1 Program Java PertamaBerikut ini contoh kode sederhana untuk menampilkan Halo Dunia.
public class ProgramJavaPertama
{
/* Ini adalah program java pertama
* Ini akan menampilkan output 'Halo Dunia'
*/
public static void main (String [] args)
* Ini akan menampilkan output 'Halo Dunia'
*/
public static void main (String [] args)
{
System.out.println ("Halo Dunia");
// menampilkan Halo Dunia
}
}
untuk menyimpan, compile, dan menjalankan program tersebut lakukan langkah-langkah berikut:
- Buka editor teks dan tuliskan kode tersebut.
- Simpan file sebagai: ProgramJavaPertama.java.
- Buka jendela command prompt dan pergi ke direktorat dimana Anda menyimpan kelas.
- Masukkan 'javac ProgramJavaPertama.java' dan tekan Enter untuk melakukan compile.
- Masukkan 'java ProgramJavaPertama,java' untuk menjalankan program
- 'Halo Dunia' akan ditampilkan.
C :> jacav ProgramJavaPertama.java
C :> java ProgramJavaPertama.java
HaloDunia
1.2 Sintaks Dasar
Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemrograman Java:
- Case Sensetive - Java bersifat case sensitif, yang berarti identifier Halo dan halo memiliki arti berbeda.
- Untuk semua nama kelas, huruf pertama harus merupakan huruf kapital. Contoh: KelasJavaPertama.
- Semua nama method harus diawali dengan huruf kecil. Contoh: public void namaMethodSaya().
- Nama file program harus sama dengan nama kelas.
- public static void main(String args[]) - Pemrosesan program Java dimulai dari method main, yang merupakan bagian yang harus ada dalam setiapprogram Java.
1.3 Identifier Java
Semua komponen Java memiliki nama. Nama-nama yang digunakan untuk kelas, variabel, dan method disebut identifier.
Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai identifier:
- Semua karakter harus diawali dengan huruf (A - Z atau a - z), karakter $ atau karakter _ (underscore).
- Setelah karakter pertama, identifier dapat berisi karakter apa saja.
- Sebuah kata kunci tidak dapat digunakan sebagai identifier.
- Identifier bersifat case sensetive.
1.4 Modifier Java
Seperti pada bahasa pemrograman lainnya. Anda dapat memodifikasi kelas, method dan sebagainya dengan menggunakan modifier.
Ada dua karakter modifier dalam Java:
- Modifier Akses: default, public, protected, private
- Modifier Non-akses: final, abstract, strictfp
1.5 Variabel Java
Terdapat beberapa jenis variabel dalam Java:
- Variabel lokal
- Variabel kelas (variabel static)
- Variabel instance (variabel non-static)
1.6 Array Java
Array adalah objek yang menyimpan beberapa variabel dengan jenis yang sama.
1.7 Enum Java
Enum membatasi sebuah variabel untuk memiliki satu nilai dari nilai-nilai yang telah ditentukan sebelumnya. Nilai-nilai ini kemudian disebut enum.
Berikut ini contoh penggunaan enum untuk membatasi ukuran gelas di tempat penjualan jus segar. Ukuran gelas dibatasi menjadi kecil, sedang, dan besar.
Class JusSegar
{
enum UkuranJusSegar { KECIL, SEDANG, BESAR}
UkuranJusSegar ukuran;
}
public class TesJusSegar
{
public static void main (String args[]}
{
JusSegar jus = new JusSegar();
jus.ukuran = JusSegar.UkuranJusSegar.SEDANG;
}
}
1.8 Kata Kunci Java
Berikut ini daftar kata kunci dalam Java. Kata kunci ini tidak dapat digunakan sebagai konstanta, variabel, atau nama identifier.
abstract
|
assert
|
boolean
|
break
|
byte
|
case
|
catch
|
char
|
class
|
const
|
continue
|
default
|
do
|
double
|
else
|
enum
|
extends
|
final
|
finally
|
float
|
for
|
goto
|
if
|
implements
|
import
|
instanceof
|
int
|
interface
|
long
|
native
|
new
|
package
|
private
|
protected
|
public
|
retrun
|
short
|
static
|
stricifp
|
super
|
switch
|
synchronized
|
this
|
throw
|
throws
|
transient
|
try
|
void
|
volatile
|
while
|
1.9 Komentar dalam Java
Java mendukung penggunaan komentar single-line dan multi-line. Semua karakter di dalam komentar akan diabaikan oleh compiler Java.
public class ProgramJava
{
/* Ini adalah program Java pertama.
* Ini akan menampilkan output 'Halo Dunia'
* Ini adalah contoh komentar multi-line
*/
public static void main {String[]args}
{
// Ini adalah contoh komentar single-line
/* Ini juga adalah contoh komentar single-line */
System.out.println("Halo Dunia") ;
// menampilkan Halo Dunia
}
}
1.10 Menggunkan Baris Kosong
Suatu baris kode yang hanya berisi spasi (baris kosong) akan diabaikan dan tidak akan di-compile oleh Java.
1.11 Pewarisan
Kelas-kelas dalam Java dapat mewarisi kelas-kelas yang lain. Pada dasarnya, jika Anda ingin membuat kelas baru yang membutuhkan kode-kode yang ada pada kelas lain, Anda dapat mewarisi kelas lain itu.
Konsep ini memungkinkan Anda untuk menggunakan field dan method yang sudah ada tanpa harus menulis kembali kode tersebut pada kelas yang baru.
1.12 Interface
Pada Java, interface dapat didefinisikan sebgai sebuah kotrak antara objek-objek tentang bagaimana berkomunikasi satu sama lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar